Selasa, 02 Desember 2008

waRnaa MERAH


Merah atau warna merah adalah warna di frekuensi cahaya yang paling rendah yang kelihatan atau dapat ditangkap pada mata manusia. Cahaya merah mempunyai panjang gelombang dengan jangkauan sekitar 630-760 nm. Darah yang diberi oksigen menjadi berwarna merah karena adanya hemoglobin. Cahaya merah adalah cahaya yang pertama diserap oleh air laut, sehingga banyak ikan dan invertebrata kelautan yang kelihatannya merah saga (merah cerah) menjadi kelihatan hitam di habitat asli mereka.
Merah adalah salah satu warna primer additif, merupakan komplemen dari warna cyan (biru kehijau-hijauan). Warna merah pernah dipertimbangkan untuk menjadi warna primer subtraktif, dan kadang-kadang masih tergambar sebagai seperti itu di tulisan yang tidak ilmiah; akan tetapi, warna cyan, magenta dan kuning sekarang diketahui lebih dekat ke warna primer subtraktif yang dapat dideteksi oleh mata, dan dipakai di pencetakan warna modern

tapii taoo kahh kalean ?

WARNA MERAH DAPAT MERANGSANG GAIIRAH PRIA...

Penelitian yang dilakukan pakar dari Amerika Serikat menunjukkan, pria lebih terangsang pada wanita yang berbusana merah.

Sebuah penelitian yang digelar Andrew Elliot, dosen Universitas Rochester di New York, menemukan lelaki lebih tertarik kepada gambar wanita berpakaian merah atau gambar dalam bingkai merah.

Hal ini sekaligus menguatkan merah sebagai warna romansa seperti yang diyakini oleh pembuat kartu ucapan kasih sayang dan para penjual lisptik berabad-abad yang lalu.

Elliot mengatakan, walaupun reaksi itu berasal dari hubungan masyarakat dengan warna sejak bertahun-tahun silam, namun hal tersebut mungkin terwujud dari hasil faktor biologis.

Ia mengungkapkan, para ilmuwan menunjukkan hewan jantan lebih tertarik kepada hewan betina yang menunjukkan warna merah seperti monyet atau babon betina menunjukkan warna merah ketika musim kawin.

"Kecenderungan otomatis biologi yang berdasarkan reaksi terhadap merah sebagai suatu daya tarik khusus dalam warisan evolusi," kata Elliot yang mempublikasikan penemuannya itu dalam Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial.

Riset tersebut melibatkan tak kurang dari 150 pria heteroseksual yang umumnya mahasiswa yang ditunjukkan gambar wanita cantik serta sejauh mana mereka mau mencium dan mengadakan hubungan seksual dengan wanita tesebut.

Seperti yang dikutip dari CNN.com, Selasa (28/10), kajian serupa juga turut dilakukan terhadap para responden wanita, namun warna tidak memberikan pengaruh kepada gambar lelaki perpakaian merah.




Tidak ada komentar: